Berita

Lebaran di Tengah Pandemi, Berikut Tips Aman Saat Berkendara

Rabu, 12 Mei 2021 - 20:22
Lebaran di Tengah Pandemi, Berikut Tips Aman Saat Berkendara ILUSTRASI - Tips Aman Berkendara saat Lebaran. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES TEGAL, JAKARTA – Seluruh umat muslim pada Kamis 13 Mei 2021, merayakan lebaran, Hari Raya Idul Fitri 1332 H. Meski di tengah pandemi Covid-19, keinginan sebagian orang untuk berlebaran di sanak saudara tetap besar.

Namun jika pun tetap mengunjungi kerabat dekat, tetapnya wajib menerapkan protokol kesehatan. Khusus bagi pengendara sepeda motor, selain menjalani protokol kesehatan, menjaga safety riding menjadi hal penting ketika berkendara di Hari Raya.

Terkait berkendara sepeda motor di saat Lebaran, TIMES Indonesia punya beberapa tips berkendara agar berlebaran tetap aman dan sehat.

1. Persiapan

Servis motor jauh sebelum Hari Raya. Lakukan booking service terlebih dahulu di bengkel resmi karena biasanya ramai menjelang hari Lebaran. Juga isi bensin motor penuh sebelum melakukan perjalanan untuk mengantisipasi antrean di pom bensin.

Jika membawa barang seperti kue, makanan dan lainnya, tidak melebihi kapasitas dan terlalu berat karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

2. Saat di jalan

Jaga jarak aman karena biasanya jalanan padat oleh kendaraan. Selain itu gunakan kecepatan yang aman dan ikuti alur. Dalam artian jangan terlalu pelan atau terlalu kencang agar terhindar dari kecelakaan.

Hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

Lakukan akselerasi atau pengereman secara halus terutama bagi yang membonceng anggota keluarga atau membawa barang bawaan. Jika terjadi kepadatan gunakan jalur alternatif jika dan tetap menjaga konsentrasi dan kontrol emosi.

3. Protokol kesehatan

Jangan lupa untuk selalu membawa dan selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun cuci tangan, serta gunakan safety gear yang bersih saat berkendara untuk silaturahmi dengan keluarga saat Lebaran, Hari Raya Idul Fitri. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tegal just now

Welcome to TIMES Tegal

TIMES Tegal is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.