Gaya Hidup

Idul Fitri di Rumah Saja, Ini Alternatif Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Rabu, 12 Mei 2021 - 12:13
Idul Fitri di Rumah Saja, Ini Alternatif Kegiatan yang Bisa Dilakukan Salah satu kegiatan saat lebaran adalah makan bersama keluarga adalah kegiatan untuk sharing pengalaman (Foto : Pinterest)

TIMES TEGAL, JAKARTA – Pandemi penyebab Covid-19 membuat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 mungkin akan bisa dirayakan di rumah saja.

Hari Raya Idul Fitri merupakan simbol kemenangan setelah berhasil menahan nafsu selama bulan Ramadan. Pada hari ini pula, manusia seolah kembali ke fitrah atau suci dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Lebaran di rumah saja tak mengurangi esensi merayakan hari kemenangan tersebut. Anda dapat merayakan hari kemenangan dengan sejumlah rekomendasi kegiatan saat lebaran di rumah saja.

Berikut ini kegiatan lima kegiatan yang dapat dilakukan saat lebaran di rumah saja.

1. Membuat kerajinan untuk hiasan kamar

Idul Fitri di Rumah 3Contoh kerajinan yang dapat dibuat untuk mengisi lebaran (Foto: Pinterest)

Melatih anak untuk membuat suatu kerajinan dengan tangan mengasah kemampuan motorik agar berpikir lebih kreatif dan teliti. Beberapa kerajinan yang dapat di buat misalnya origami, melukis, membuat boneka dari kain perca dan menggambar untuk dijadikan hiasan.

2. Mengabadikan momen

Hasil foto dapat dicetak dan disusun menjadi sehingga terdapat kenang-kenangan ditahun ini, menata foto tersebut libatkan lah anak-anak agar mereka meningkatkan sisi kreativitasnya. Foto tersebut terus akan dikenang ketika keluarga melihat suatu sudut rumah, foto juga dapat membuat ruang menjadi lebih hidup dan bewarna.

3. Membuat makanan bersama

Acara tersebut biasa disebut bbq party, acara tersebut bersifat kebersamaan dan untuk mengisi waktu agar lebih bermanfaat. Membuat makanan sekaligus makan bersama meningkatkan kehangatan sekaligus bercerita untuk bertukar pengalaman. Sehingga kegiatan makan bersama lebih bermakna.

4. Karaoke di rumah.

Idul Fitri di Rumah 2Bernyanyi bersama keluarga dapat menurunkan stress (Foto: Pinterest)

Bernyanyi dapat membuat perasaan menjadi bahagia karena saat melakukannya pikiran kita menjadi lebih santai dan rileks. Jika sudah begini, otomatis tubuh kita akan mengeluarkan hormone endorphin yang berfungsi untuk memunculkan perasaan senang dan bahagia

Beberapa fitur dari aplikasi YouTube dapat digunakan untuk berkaraoke bersama, pilihlah lagu sesuai selera keluarga dan bernyanyi bersama agar terjalin rasa kekeluargaan dan kehangatan keluarga, agar Idul Fitri tahun ini terasa ramai dan hangat. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tegal just now

Welcome to TIMES Tegal

TIMES Tegal is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.