Olahraga

Lewis Hamilton Capai Kemenangan ke 100 di F1 GP Rusia

Senin, 27 September 2021 - 09:46
Lewis Hamilton Capai Kemenangan ke 100 di F1 GP Rusia Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton saat turun dari mobilnya usai balapan F1 GP Hongaria di Hungaroring, Budapest, Hongaria, Ahad, 19 Juli 2020. (FOTO: Tempo Sport/Reuters)

TIMES TEGAL, JAKARTA – Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil mencapai kemenangan yang ke 100 kalinya pada Formula 1 GP Rusia 2021, Minggu (26/9/2021) malam.

Seri ke-15 F1 2021 itu digelar di Sochi Autodrom, Rusia. Kali ini merupakan rekor bagi juara dunia tujuh kali itu sepanjang kariernya.

Lando Norris yang semula pole position pada balapan malam itu gagal saat start dan disalip pebalap Ferrari, Carlos Sainz pada lap pertama.

Hasil kali ini memang menyakitkan bagi Norris dan McLaren setelah pebalap berusia 21 tahun itu meraih pole position perdananya di lintasan basah pada hari Sabtu dan kemudian memimpin balapan yang sukses.

Namun dia kehilangan keunggulan saat start dari pembalap Ferrari Carlos Sainz tetapi kembali unggul dalam 13 lap dan kemudian mengendalikan balapan dengan ahli di depan.Sementara Hamilton yang selalu menjadi rival utamanya waktu itu tertahan di lalu lintas.

Lewis Hamilton 2Lando Norris berjabat tangan dengan Lewis Hamilton. (FOTO: BBC)

Bahkan Sainz sempat memimpin race hingga lap kesepuluh yang disusul Norris, George Russell (Williams) dan Lance Stroll (Aston Martin). Butuh waktu cukup lama sebelum Hamilton akhirnya naik ke posisi kedua di belakang Norris.

Hamilton delapan detik di belakang Norris di udara yang jernih dan dalam mobil yang jauh lebih cepat. Seandainya waktu itu tetap kering, kombinasi udara yang bergejolak di belakang McLaren dan kecepatan garis lurus yang luar biasa dari mobil oranye ini, mungkin akan bisa mengamankan kesuksesan Norris.

Tapi kemudian hujan mulai turun. Awalnya sangat ringan. Tetapi kemudian semakin deras. Dengan enam lap terakhir, Mercedes memanggil  Hamilton dan Valtteri Bottas untuk mengganti ban menengah. Panggilan itu kecil, tidak jelas pada saat itu cuaca akan bagaimana selanjutnya. Bottas nge-pit, sedangkan Hamilton tidak.

Namun 30 detik kemudian Mercedes mendapatkan informasi yang cukup untuk membuat keputusan untuk Hamilton dengan mudah. Mereka bisa melihat di radar cuaca yang tersedia untuk semua tim, bahwa hujan lebat pasti akan datang dan mereka meminta Hamilton untuk pit di lap setelah Bottas. Tapi Hamilton menolak, sementara Verstappen, yang saat itu tertahan di posisi ketujuh, masuk.

Di lap berikutnya, Mercedes memanggil Hamilton lagi. Kali ini dia nurut, dan panggilan itu membuatnya memenangkan perlombaan.

Hamilton diadu dengan empat lap tersisa dan awalnya dia pikir itu sebuah kesalahan. "Saya hanya punya tiga lap untuk mengejar 24 detik," katanya. "Jadi itu seperti 'tidak mungkin'."

Di akhir lap berikutnya, dia masih tertinggal 15 detik dari Norris. Tapi saat itu hujan sangat deras dan buruk, dan ban Norris yang licin sangat tidak cocok dengan kondisi itu, sehingga Hamilton berhasil melewatinya dan melaju hanya lima tikungan kemudian.

Hujan mulai membasahi lintasan di saat memasuki lap ke-46. Perubahan cuaca itu menjadi mimpi buruk buat Norris yang tergelincir di Turn 5 pada lap ke-47, tapi masih mampu mempertahankan posisi dari Hamilton.

Dua pebalap terdepan itu memasuki pit kembali di lap ke-49. Dua putaran berselang, Norris kembali tergelincir dan dapat disalip Hamilton yang merebut posisi pertama. Norris akhirnya diadu dengan dua lap tersisa, dan akhirnya hanya berada di posisi ke tujuh. Lewis Hamiltonpun berhasil mencapai kemenangan yang ke 100 kalinya pada Formula 1 GP Rusia 2021, Minggu (26/9/2021) malam. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tegal just now

Welcome to TIMES Tegal

TIMES Tegal is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.